Jika ada teman-teman yang berdomisili di sekitar Jabodetabek dan membutuhkan informasi mengenai tempat mana saja yang mengadakan kajian, mungkin informasi di bawah ini bisa membantu. Ternyata banyak masjid atau tempat-tempat di Jabodetabek khususnya Jakarta yang memfasilitasi kita untuk mengenal Islam lebih jauh.

1. Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru

Masjid ini terletak di kompleks sekolah islam Al-Azhar Kebayoran Baru.  Setiap Ahad pagi ada 2 kajian yang rutin dilaksanakan yaitu kajian dhuha pukul 07.00-09.00 dan kajian pukul 10.00-menjelang dzuhur. Kajiannya menarik. Ustadz yang mengisi kompeten di bidangnya.  Ustadznya berganti-ganti tetapi ada ustadz tetap. Untuk kajian pukul 07.00-09.00, ustadz tetap yang mengisi kajian yaitu Ustadz Oemar Mitta, Lc (minggu pertama), Ustadz Salim bin Yahya Qibas (minggu ke-2), dan Ustadz Subhan Bawazier, Lc (minggu ke-3). Untuk minggu ke-4 ustadznya berganti-ganti. Mungkin untuk menghindari jenuh dari jama’ah jika ustadz yang mengisi itu-itu saja.

Kajian meliputi aqidah, akhlaq, fiqih, tafsir al-qur,an, ilmu hadist, perkembangan dunia islam, dll. Rasanya sayang kalau hari Ahad tidak ke sini.  Kajian lain juga diselenggarakan di masjid ini di hari yang lain. Selain kajian-kajian tadi, ada juga kajian keislaman bagi kaum muda yaitu YISC Al-Azhar (Youth Islamic Study  Club). Kabarnya, YISC membuka pendaftaran setiap semester. Jadi 1 tahun dibuka 2 kali pendaftaran. O ya, selain kajian islam, Masjid Agung Al-Azhar juga menerima pelayanan konsultasi tentang keagamaan, keluarga, rumah tangga, hokum, psikologi, pra-nikah, sosial kemasyarakatan, bimbingan masuk islam, dan masalah HIV/AIDS. Komplit 🙂

Setiap Rabu malam di masjid ini juga rutin diselenggarakan kajian habis kerja, the Rabbanians, yang sebagian besar diikuti anak muda. Penyelenggaranya adalah ASIA (Alumni Sekolah Islam Al-Azhar). Kabarnya peserta kajian ini sangat banyak. Kajian didahului dengan shalat isya’ berjamaah baru kemudian dilanjutkan ceramah dari ustadz

Secara pribadi, saya sangat senang dengan masjid ini. Kenapa? Karena masjid ini menurut saya sangat hidup.  Selain kajian dan layanan umat yang tadi disebutkan, masjid ini mengelola ZISWAF. Jadi, masjid ini tidak hanya menyediakan sarana untuk menuntut ilmu tetapi juga mengaplikasikan ilmu yang didapat tersebut dengan pengelolaan dana ZISWAF yang akan memberikan mafaat bagi banyak orang. Manajemen pengelolaan masjid juga sangat bagus. Selain menjaga ketepatan waktu shalat, rapatnya shaf saat sholat juga sangat diperhatikan. Bahkan ada satpam yang bertugas mengatur shaf. Siapa yang baris tidak rapat dan lurus akan ditegur. Yang tidak kalah penting adalah kebersihan. Kebersihan masjid , tempat wudhu, dan toilet cukup baik. Di masjid dilarang makan dan minum agar kebersihan terjaga.

 

2. Ar-Rahman Qur’anic Learning Islamic Center (AQL)

Pusat studi islam ini punya banyak kegiatan. Mulai dari kajian Al-Qur’an (tahsin, tahfidz, tadabbur), seminar, mabit, kegiatan sosial, ZISWAF, academy pre-wedding (seminar dan kurus pra-nikah islami), dan lain sebagainya.

Yayasan ini diasuh oleh Ustadz Bachtiar Nasir, Lc. Acaranya selain dilaksanakan di sekretariat Ar-Rahman (Jl. Tebet Utara 1 no.40, Jakarta Selatan), juga dilaksanakan di masjid atau tempat lain (Masijd Pondok Indah, Masjid Baitul Ihsan, Pesantren Ar-Rahman Megamendung).

Setiap Kamis malam (malam Jum’at) ada kajian tadabbur Al-Qur’an. Diselenggarakan di sekretariat Ar-Rahman setelah selesai sholat Isya’ berjamaaah.  Kajian ini diisi langsung oleh Ustadz Bachtiar Nasir, Lc.

Setiap Sabtu pukul 09.00-menjelang dzuhur, ada kajian keislaman. Materinya bermacam-macam yaitu siroh nabawiyah, hadist, waris, dan lain-lain. Materi disampaikan oleh ustadz yang kompeten di bidangnya. Dijamin tidak akan rugi datang ke AQL.

Bagi teman2 yang ingin mendapat ilmu tentang berumah tangga, bisa mengikuti kelas academy pre-wedding atau kursus pra nikah islami (KNPI) . Kursus ini dilaksanakan 12 pekan @ 2 sesi. Mulai sekitar pukul 08.00 dan dilanjutkan sholat dzuhur berjama’ah. Menurut saya materinya komprehensif. Mungkin belum ada kursus seperti ini. Ustadz/ustadzah atau guru-gurunya luar biasa. Mereka tidak hanya ahli di bidangnya tetapi juga terlihat memimiki komitmen dan ghiroh keislaman yang  sungguh luar biasa. Materinya mengenai agama Islam, akhlaq dan etika pra-nikah dan pernikahan islami, hukum perkawinan, pskikologi keluarga islami, parenting islami, keuangan keluarga, kesehatan pra-nikah  dan keluarga , serta outbond. Di outbond akan ada materi, games, dan praktek. Pokoknya  banyak manfaat dan ilmu yang didapat. Dengan ikut kegiatan ini kita juga bisa tambah teman.

InsyaAlloh teman-teman akan nyaman ada di AQL karena tempatnya bersih, nyaman, dan didukung juga dengan tempat wudhu yang tertutup, banyak, dan bersih. Toiletnya juga cukup banyak dan bersih. Di AQL juga memiliki kantin yang bernama Kantin Al-Maidah yang menjual makanan halal.

Informasi lebih lanjut, bisa membuka official website: www.aqlislamiccenter.com

 

3. Daarut Tauhid (DT) Jakarta

Daarut Tauhid adalah yayasan yang juga memiliki kajian yang rutin dan juga memiliki kegiatan sosial. Selain kajian ‘Aa Gym yang rutin dilaksanakan di Masjid Baitul Ikhsan BI dan Masjid Istiqlal (setiap pekan kedua), ada juga kajian rutin yang diselenggarakan di sektetariat DT Jakarta di Jl. Cipaku I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk lebih jelas bisa buka websitenya di www.dtjakarta.or.id.

 

4. Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia

Masjid ini berada di kompleks Bank Indonesia di Jl. Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat. Posisinya tidak jauh dari RS Budi Kemuliaan. Masjidnya megah, bersih, dan nyaman.

Meskipun masjid ini ada di kompleks perkantoran, cukup banyak kajian diadakan. Dulu, setiap Selasa malam (malam Rabu) yaitu ba’da sholat maghrib ada kajian dari Ustadz Khalid Basalamah, Lc. Kajiannya tentang hadist. Ustadz ini pernah membahas tentang pernikahan dan rumah tangga, dan rukun iman. Pembahasannya cukup detail. Tapi untuk sekarang saya tidak tahu apakah kajian ini masih ada atau tidak.

Di masjid ini juga dilaksanakan mabit (malam bina iman dan taqwa). Jadi kajiannya dimulai malam dan dilanjutkan sampai sholat subuh. Ada kajian dan juga sholat tahajjud dan sholat wajib berjamaah.

Ada juga kajian dari Majelis Tadabbur Qur’an (MaTa Qur’an) yang diisi oleh Ustadz Bachtiar Nasir, Lc. Kalau tidak salah 1 kali dalam 1 bulan dan diadakan sekitar pukul 09.00 dan dilanjutkan dengan sholat dzuhur berjamaah. Saya tidak tahu persisnya minggu ke berapa.

 

5. Masjid Sunda Kelapa, Menteng

Masjid ini tidak jauh dari kantor Badan Perencanaan Nasional (Bappenas). Jadi tidak jauh dari Taman Suropati. Kalau berjalan kaki dari Halte Halimun juga tidak jauh.  Masjid ini juga sangat hidup. Hampir setiap hari ada kajian. Di hari kerja yaitu Senin-Jum’at, selalu ada kajian ba’da maghrib. Jadwalnya sudah disusun. Jadi kita bisa tahu sebelumnya kajian apa yang akan disampaikan. Bagi yang mau dapat ilmu setiap hari setelah pulang kantor, bisa ikut kajian di masjid ini.

Di hari Ahad juga dilaksanakan kajian dhuha yaitu sekitar pukul 07.00 sampai 09.00. Sebelum dimulai kajian dilaksanakan dahulu sholat sunnah. Yang khas dari masjid ini, di hari Ahad banyak pedagang yang menawarkan barang dagangannya di halaman depan masjid. Yang dijual bermacam-macam, mulai dari pakaian, jilbab, makanan, dll. Banyak makanan tersebut adalah makanan khas minang.

Masjid ini juga punya wadah buat generasi muda yaitu Remaja Masjid Sunda Kelapa (RISKA).  RISKA juga sering mengadakan seminar/kajian yang terkait dengan masalah anak muda. Bagi yang tertarik untuk ikut pelatihan, masjid ini juga sering mengadakan. Yang pernah saya tahu adalah pelatihan pembagian waris.

Begitu banyak kajian yang ditawarkan. Tinggal kita yang memutuskan apakah kita akan melangkah ke tempat mulia ini atau tidak. Mumpung ada kesempatan, waktu, dan diberi kesehatan. Apalagi bagi yang single.  Manfaatkan waktu untuk mencari ilmu. Mumpung belum banyak kewajiban di rumah. Saya sempat berpikir jika saya ada di luar Jakarta, apakah masih banyak kajian seperti ini. Bagi anak daerah, mumpung di Jakarta, jangan sia-siakan kesempatan ini. Saatnya berbekal untuk kehidupan di masa depan yang pasti dan kekal yaitu akhirat.

Ini hanya sebagian info mengenai kajian Islam yang ada di Jakarta. Tentu masih banyak lagi kajian-kajian lain yang dapat menjadi sarana bagi kita untuk mendapatkan ilmu. Semoga Alloh memudahkan kita untuk melangkah ke majelis-majelis ilmu, meluruskan niat kita, dan mampu mengaplikasikan ilmu tersebut. Motivasi diri kita dengan mengetahui keutamaan menjadi orang yang berilmu.

Advertisements