Alhamdulillah saat ini mulai banyak lembaga bimbingan Al-Qur’an di sekitar wilayah Jabodetabek. Jika Anda ingin belajar Al-Qur’an dan tinggal di sekitar Condet atau memungkinkan untuk menjangkau wilayah ini, mungkin lembaga ini cocok buat Anda. Pesanten Tahfidz Al-Qur’an Al-Utsmani yang berlokasi di Jl. Munggang no. 6, Condet, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur menyediakan bimbingan tahsin (memperbaiki bacaan sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad) dan tahfidz (menghafal sebagian atau keseluruhan Al-Qur’an). Lembaga ini tidak hanya menyediakan bimbingan di kelas, tetapi juga di luar lembaga yang dikenal dengan istilah BILAL (Bimbingan Luar Lembaga). BILAL bisa dilakukan di rumah atau di kantor. Jadi jika Anda kesulitan untuk hadir di lembaga atau waktu yang ditawarkan tidak sesuai, BILAL bisa menjadi pilihan.

Program tahsin terdiri dari beberapa term yaitu pratahsin selama 1 term (bagi yang belum atau baru mengenal huruf hijaiyah) dan tahsin selama 4 term (bagi yang sudah lancar membaca tetapi masih salah dalam hukum tajwid dan makhrojul huruf). Jika di term ke-4 dari tahsin ini lulus, murid akan mendapatkan sertifikasi mengajar.  Inilah salah satu kelebihan lembaga ini. Sebelum penentuan di level mana kita belajar, akan ada tes penempatan dengan cara membaca Al-Qur’an di hadapan guru penguji.

Sebelum masuk ke program tahfidz, siswa akan mengikuti beberapa term program talaqqi. Tujuannya untuk mempersiapkan murid menghafal. Di program ini murid sudah mulai menghafal juz 30.

Program tahfidz tidak dibatasi jumlah term karena jika kita sudah menghafal kita harus menjaga hafalan tersebut seumur hidup. Terdengar sedikit berat tapi pastinya menjanjikan banyak pahala. 🙂
Pengajar (kita panggil dengan sebutan ustadz atau ustadzah) biasanya menawarkan target hafalan selama 1 term sebanyak 1.5 juz atau setiap pertemuan menyetorkan hafalan baru sebanyak  3 halaman. Tapi bisa juga disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan kita. Semakin banyak jumlah halaman yang dihafal, akan semakin cepat kita menyelesaikan hafalan 30 juz.

Apa kelebihan bergabung dengan lembaga ini?
1. Pengajar yang kompeten. Sebagian besar pengajar di lembaga ini yang sudah menyelesaikan hafalan 30 juz di bawah bimbingan ustdaz atau ustadzah yang juga sudah punya hafala 30 juz. Salah satu pengajar yang juga mudir (direktur) lembaga ini adalah Ustadz Efendi Anwar Husnan, Lc.

2. Murid laki-laki (ikhwan) dibimbing oleh ustadz dan murid perempuan (akhwat) dibimbing oleh ustadzah.

3. Disiplin dalam belajar. Untuk bisa mengikuti ujian, murid hanya diperbolehkaan izin 3 kali untuk 1 term. Jika tidak lulus ujian, murid tidak bisa melanjutkan ke level selanjutnya.

Untuk pilihan waktu belajar, dan info lebih lanjut bisa langsung dilihat di website Utsmani berikut ini: http://al-utsmani.com/ .